DIENG PLATEAU ABODE OF THE GODS

Dieng ibarat kepingan surga, memiliki alam yang eksotis dan mempesona. Dataran Tinggi Dieng atau yang kerap di sebuat DIENG PLATEAU adalah sebuah dataran tinggi yang terletak di Kabupaten Banjarnegara dan Kabupaten Wonosobo.

Karena keindahanya, dieng mendapat banyak julukan seperti : Dieng Plateau Abode of The Gods, Bumi Khayangan Dieng, Negeri Diatas Awan dan Kenjantikan Ajaib pulau jawa.

Sesungguhnya Dataran Tinggi Dieng adalah Kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan sebagai gunung api raksasa. Datarannya terbentuk dari kawah gunung berapi yang telah mati. Bentuk kawah ini terlihat jelas dari dataran yang dikelilingi oleh gugusan pegunungan disekitarnya. Namun meskipun gunung api ini telah berabad-abad mati, beberapa kawah vulkanik masih aktif hingga sekarang. Di antaranya adalah Kawah Sikidang, yang selalu berpindah-pindah tempat dan meloncat-loncat seperti “kidang” atau kijang.

Dieng Tour adalah layanan paket wisata dieng yang dikemas kedalam beberapa pilihan alternatif sesuai kebutuhan, Dieng Tour di dedikasikan untuk kalngan pelajar, mahasiswa ataupun umum yang ingin mengunjungi Dataran Tinggi Dieng

Secara Etimologi Dieng berasal dari bahasa Sansekerta yaitu “di” yang berarti tempat, dan “hyang” yang berarti dewa pencipta. Secara keseluruhan Dieng dapat diartikan sebagai tempat bersemayamnya para dewa. Sementara para penduduk sekitar sering mengartikan bahwa Dieng berasal dari kata “edi” yang berarti cantik dalam bahasa Jawa, dan “aeng” yang berarti aneh. Dengan kata lain Dieng adalah sebuah tempat yang cantik namun memiliki banyak keanehan.

Dataran Tinggi Dieng merupakan sebuah anugerah tiada tara, tak banyak wisata di Indonesia yang memiliki potensi seperti di Pegunungan Dieng, beberapa unsur keindahan Dieng tertuang dalam bentuk panorama : Telaga, Candi, Pegunungan.

Selain kaya akan pesona wisata alamnya Dieng menyuguhkan budaya leluhur yang patut ditilik, dan aneka macam kuliner yang wajib di coba.

Menurut Wikipedia, Dieng adalah kawasan vulkanik aktif dan dapat dikatakan merupakan gunung api raksasa dengan beberapa kepundan kawah. Ketinggian rata-rata adalah sekitar 2.000m di atas permukaan laut. Suhu berkisar 15—20 °C di siang hari dan 10 °C di malam hari. Pada musim kemarau (Juli dan Agustus), suhu udara dapat mencapai 0 °C di pagi hari dan memunculkan embun beku yang oleh penduduk setempat disebut bun upas (“embun racun”) karena menyebabkan kerusakan pada tanaman pertanian.

Potensi wisata Dieng dimanfaatkan oleh penduduk setempat sebagai sumber perekonomian, tak sedikit masyarakat Dieng memanfaatkan industri pariwisata ini melalui : Penyediaan Homestay Dieng , Layanan Paket Wisata Dieng dan aneka kebutuhan lain seperti Pusat perbelanjaan oleh oleh khas, rumah makan dsb.

Wisata Dataran Tinggi Dieng sudah kondang hingga ke berbagai negara, dan inilah daftar wisata Dieng yang kerap dikunjunggi :

  1. Telaga Warna (Telaga Warna menjadi icon wisata Dieng, telaga ini memiliki keunikan warnanya dapat berubah apabila terkena pantulan sinar Matahari, selain itu terdapat hutan lindung yang masih perawan di sekelilingnya.)
  2. Telaga Pengilon (Telaga pengilon letaknya berada disamping telaga warna, tepatnya disebelah selatan. Sesuai dengan namanya Telaga Pengilon memiliki warna air yang sangat jernih / bening. Mengenai ukuranya telaga pengilon lebih kecil dari pada telaga warna.)
  3. Kawah Sikidang
  4. Tuk Bimolukar
  5. Museum Kailasa
  6. Gunung Sikunir
  7. Gardu Pandang Tieng
  8. Dieng Plateau Theater
  9. Komplek Candi Dieng
  10. Telaga Merdada
  11. Sumur Jalatunda

Budaya dan ciri khas Dieng sudah tak asing lagi ditelinga para wisatawan, budaya ini yang menjadi keunikan tersendiri disamping nilai-nilai sejarah dan sosial masyarakat, budaya Dieng mencerminkan kedudukan Dieng sebagai tempat tertinggi (Dianggap sebagai tempat suci)

INFO DIENG akan membantu Anda merencanakan kunjungan ke DATARAN TINGGI DIENG dan menikmati pesona wisata alam terbaik. INFO DIENG menyediakan informasi yang melimpah tentang obyek wisata dan segala informasi yang Anda butuhkan untuk berwisata ke DATARAN TINGGI DIENG.

Berdiri sejak 2012, INFO DIENG mengemban misi untuk memberdayakan ekonomi lokal dengan mempromosikan pariwisatanya melalui internet.

Disamping keindahan alamnya, dieng merupakan daerah yang subur dan salah satu penghasil sayur mayur di Indonesia.  sebagai icon kulinernya ciri khas  dieng berupa :

  1. Carica
  2. Purwaceng
  3. Keripik Jamur
  4. Kacang Dieng
  5. Mie ongklok

Sampai dengan saat ini potensi kawasan Dataran Tinggi Dieng masih terus digali, melalui beberapa kegiatan. Hal ini menjadi pendongkrak kunjungan wisatawan Ke Dieng, beberapa ajang promosi yang telah dilakukan olah masyarakat adalah : Pekan Budaya Dieng, Dieng Culture Festival dan Dieng Culture Festival 2

8 pemikiran pada “DIENG PLATEAU ABODE OF THE GODS

  1. Seandainya saja ada semacam showroom produk UMKM Wonosobo di dekat tempat wisata pasti para turis tak kesulitan mencari produk khas wonosobo yg tdk hanya berorientasi pd buah carica saja, sajian produk craft/kerajinan wonosobo, maka Dieng akan lebih mendunia lagi, BRAVO my DIENG !!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s