Hotel Dieng

“Jika berbicara tempat wisata, maka dibenak kepala akan terlintas yang namanya Hotel, namun tak semua tempat wisata menyediakan Hotel yang kita bayangkan”

Dieng misalnya salah satu daerah wisata alam andalan Jawa Tengah, dikawasan pegunungan ini tak ada Hotel yang bisa kita jumpai. Apalagi berbagai jenis hiburan layaknya gemerlap di kota besar.

Pepatah mengatakan, “Tak ada rotan akarpun jadi” bisa diibaratkan “Tak ada Hotel, Homestay pun jadi” itu yang terjadi di kawasan wisata Dieng.

Hotel ataupun Homestay memiliki fungsi yang sama, sebagai tempat penginapan bagi para pelancong namun perbedaanya ialah Homestay menyediakan sebuah ruang dan suasana baru, bagaimana seorang wisatawan harus tinggal satu atap dengan pemiliknya, bagaimana seorang wisatawan harus beradaptasi dan bersosialisasi dengan lingkungan barunya.

Kenapa di Dieng tidak dibangun sebuah Hotel berbintang ?

Ada banyak alasan dan faktor, tidak dibangunya sebuah hotel di Dieng, salah satunya ialah tanah di Dieng tidak cocok untuk pembangunan bangunan besar seperti Hotel, ataupun bangunan bertingkat lainya.

Fator lain menyangkut budaya setempat, misalnya jika dibangun sebuah Hotel berbintang dikhawatirkan sebagai tempat makasiat dll.

Hotel di Dieng direalisaikan kedalam Homestay, hal ini menjadi sebuah corak dan khas tersendiri. Mungkin juga sebuah adat yang tetap dan semestinya harus dijaga.

Satu pemikiran pada “Hotel Dieng

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s